Minggu, 31 Agustus 2014

KEPEDULIAN TERHADAP SESAMA



Kepedulian Terhadap Sesama

Peduli, satu kata yang tidak semestinya kita acuhkan. Meski terlihat sederhana, tapi maknanya luar biasa. Tahukah kalian apa arti kepedulian? Bahwa  kepedulian atau belas kasihan  itu adalah emosi manusia yang muncul akibat penderitaan orang lain.Ya, ketika kita melihat penderitaan yang dialami orang lain, hati kita seolah  terketuk dan kita pun merasakan apa yang mereka rasakan. Kita tersadarkan ,bahkan secara tidak langsung, mereka mengajarkan kita arti syukur dan mengajak kita untuk merenungi, membuka mata hati .

 Kepedulian adalah  salah satu cara untuk kita mengekspresikan rasa simpati dan empati, juga memperhatikan sesama yang kurang beruntung dari kita.Tidak sepantasnya kita membiarkan mereka dalam kesedihan dan tidak ada seorangpun yang mau meliriknya. Padahal, dia perlu dan sangat membutuhkan uluran tangan kita, ya seenggaknya bukti rasa kepedulian juga membantu sesama yang memang sudah menjadi keewajiban kita.

Banyak cara untuk mengekspresikan kepedulian kita kepada mereka, entah itu dengan tindakan yang nyata atau hanya dengan doa. 

“Doa seorang muslim untuk saudaranya (sesama muslim) tanpa diketahui olehnya adalah doa mustajabah. Di atas kepalanya (orang yang berdoa) ada malaikat yang diutus. Sehingga setiap kali dia mendoakan kebaikan untuk saudaranya, maka malaikat yang diutus tersebut akan mengucap Aamiin dan kamu juga akan mendapatkan seperti itu.”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar