Minggu, 15 Juni 2014

MENGHIBUR ATAU MERESAHKAN?

Menghibur atau Meresahkan

"Mba, aku mau naik keleta odong-odong," rengeknya setiap kali kereta odong-odong lewat depan rumah.

"Kapan-kapan ya," jawabku seraya menghibur.

Sebuah kereta anak-anak yang beroperasi setiap hari dan berkali-kali, satu anak Rp 2000,00. Keretanya tak pernah sepi, dan selalu terisi penuh, bahkan terkadang sampai berdesak-desakan.
Ibu-ibunya pun ikut naik karena mendampingi putra-putrinya yang masih balita.

Aku yang dulu bukanlah yang sekarang
Dulu di tendang sekarang ku di sayang
Dulu-dulu ku menderita
Sekarang aku bahagia...

"Mba, aku mau lihat keleta odong-odong," rengeknya sembari berlari-lari ke halaman."Ayo mba.... cepetan," sambungnya dengan nada tidak sabaran.

Ya, setiap dengar musik dangdut atau pop, Ade selalu antusias untuk melihatnya.

Awal kemunculan kereta ini memang diiringi dengan lagu anak-anak dan lagu-lagu nasional.
Tapi, lama kelamaan lagu anak-anak tergantikan oleh musik dangdut dan pop yang sedang populer.
Trenyuh... miris melihatnya, dan terkadang (maaf) sampai muak mendengarnya.

Ok lah... ini kereta untuk anak-anak bung, bukan dewasa. Menghibur sih iya, tapi apakah pantas anak sekecil mereka disuguhi musik orang dewasa?
Kasihanilah mereka.

Bahkan anak-anak sampai hafal lagunya dan menyanyikannya sembari berjoged.
Harapan untuk melestarikan lagu anak-anak pupus sudah, karena tidak ada kesadara dari sang pengemudi tersebut. Harusnya ada lembaga yang menertibkan atau ada sebuah aturan yang menerapkan kereta odong-odong(kereta mini) dan lain-lain (yang khusus anak-anak) wajib diiringi lagu anak-anak atau tidak usah diiringi musik sama sekali.

Maka dari itu, setiap Ade minta naik kereta mini(odong-odong), selalu aku jawab kapan-kapan.
Terkadang tak kuperbolehkan, bukannya apa-apa, aku tak ingin anak yang baru berusia 3 tahun ini terpengaruh oleh musik-musi dewasa.
Apalagi sampai menghafalnya dan berjoged-joged menirukan alunan musik yang diputar.

Sekarang saja Ade selalu mendendangkan lagu "Bang Jali....Bang Jali..."
Dan setiap dengar musik dangdut, Ade juga bilang "Mba, aku mau joged."

Aku:?????????????????????

Tidak ada komentar:

Posting Komentar